Pengertian Jenis Game Full Version, Beta, Rip, RePack, ReLoaded Saat Download | Knowledge Overload

16
Pengertian Jenis Game Full Version, Beta, Rip, RePack, ReLoaded


Mungkin kalian para gamers bila download game di internet sering menemukan istilah seperti Full Version, Beta, RIP, Repack, Reloaded, Skidrow, dan Portable atau yang lainnya.  Di bawah ini adalah penjelasan dari versi versi game yang beredar di internet.

Full Version 
Full version adalah istilah untuk game original dimaksudkan original adalah game yang masih origininal dan masih asli tampa adanya pemotongan ataupun pengurangan pada fitur game tersebut, biasanya game full version membutuhkan serial number/crack untuk menjadikannya sebagai FULL VERSION.

BETA
BETA adalah istilah untuk game yang masih dalam tahap uji coba suatu game, jadi game tersebut masih dalam tahap masa uji coba dan masih masa percobaan. tujuan suatu developer menjadikan game menjadi BETA adalah untuk menguji dan mengetahui/mencari kelemahan dan kekurangan game tersebut, jadi tahap ini adalah masih tahap perbaikan agar sebelum di rilis ke publik game tersebut sudah tidak ada lagi BUG, kerusakan, error atau sebagainya. jadi jangan salah bila anda mendownload suatu game dengan type BETA dan banyak terjadi error karena game tersebut masih dalam tahap percobaan dan masih dalam masa uji coba.

Alpha
Alpha adalah Game yang pertama kali dibuat, biasanya terdapat banyak error/bug ketika memasuki level-level tertentu seperti audio yang tidak sinkron, graphic yang jelek tanpa efek, texture yang hilang dan masih banyak lagi. Tidak disarankan untuk dimainkan, kecuali Anda seorang game tester.

Demo
Demo adalah Game yang dibuat untuk dicoba secara gratis sebelum membeli/sebelum dirilisnya game tersebut, Anda bisa mendownload game dengan versi demo pada website game developer tersebut. Game versi demo hanya memiliki satu/beberapa level/stage saja.

RIP
RIP atau kalau ga salah singkatan dari ripped atau ripping adalah istilah game yang di compres secara penuh dengan pengurangan beberapa fitur yang ada pada game seperti contoh Audio, texture, dan Video setelah itu akan menghasilkan ukuran game yang lebih kecil di banding game full Version ( game semua type game berasal dari game full version ) game RIP biasanya tidak memiliki Cutscene jadi banyak sekali fitur yang dikurangi so jangan marah kalau setelah install game RIP ternyata tidak ada VIDEOnya karena memang dihapus oleh yang ngeRIPnya.

Full RIP 
Full RIP mirip sekali dengan RIP dan cara kerjanya juga sama seperti RIP jadi untuk pengertian Full rip baca di atas aja pengertian Game RIP, nah perbedaan dari FULL RIP adalah game FULL RIP lebih extreme dari pada game RIP karena fiturnya banyak sekali yang dikurangi dan menghasilkan size yang jauh sekali dari file aslinya.

REPACK 
REPACK adalah istilah game yang di compress secara penuh tampa pengurangan fitur-fitur yang ada dalam game ataupun bila dikurangi hanya kaan dikurangi pad asegi Video ( cut scene ) dan pengurangan kualitas video tampa mempengaruhi jalannya game tersebut, versi ini masih menjadi kesukaan di kalangan gamer yang menginginkan game dengan kualitas bagus.

RELOADED
game RELOADED adalah game yang versi original bisa di bilang full version yang sudah di crack sehingga tida beda dari segi size dan kualitas game originalnya, versi ini dissarankan untuk para gamer yang mempunyai koneksi internet cepat karena sizenya lumayan besar ( tergantung gamenya )

High Compression
game High Compression adalah game yang di compress secara extreme !! jadi seperti contoh game dengan size 500 mb di install menjadi 5 gb nah itulah menurut saya yang di sebut dengan game high compression tapi ada juga yang lebih luar biasa lagi yaitu dari 1 mb menjadi 1 gb tapi hasilnya rata-rata tidak berhasil atau tidak work.

Trial/Shareware
Trial/Shareware adalah Game yang memiliki versi ini maksudnya bebas untuk dicoba/dibagikan/diedarkan dan gratis tentunya, game ini sudah versi full, tetapi dibatasi dengan waktu misalnya hanya 30-60 menit atau hanya 7-15 hari. Biasanya game yang memiliki versi ini adalah mini game seperti game dari BigFish, Gamehouse, PopCap, dan lain-lain.

Freeware
Freeware adalah Game ini jelas-jelas gratis untuk di-download, dibagikan, diedarkan, dengan keuntungan ditanggung sendiri. Biasanya game yang memiliki versi ini jarang ada patch atau kelanjutan gamenya jika terdapat beberapa seri.

SkidRow
SkidRow adalah kumpulan orang/organisasi pembajak atau organisasi yang membajak game tersebut, kita dapat memainkan game versi SkidRow gratis tanpa harus membeli CD key game original dari developer aslinya gamenya tetep sama seperti aslinya.

Portable
Game portable pada  komputer adalah game yang tidak perlu diinstal pada komputer.  Anda tinggal mengeksekusi langsung dari file tersebut. Keuntungan dari game portabel ini adalah Anda tidak perlu menginstal, game cukup  dikopi atau bahkan dimainkan langsung dari media penyimpanan portabel  seperti disket, cd, flashdisk, atau turunan dari kartu memori SD lainnya.


Post a Comment Blogger

  1. Wuih ente tahu semua ketahuan yak gamer :d

    ReplyDelete
  2. yang ane tau baru full version, maklum bukan gamers hehe
    tapi biasanya ane main yg full version dr dulu, tapi yg paling penting bagi ane sih yg ga bikin komputer lola aja sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Full version sebenarnya lebih bagus kok karna kualitas dan kontennya ga ada yang dipotong. Cuma Sizenya itu gede banget :)

      Delete
  3. owalah .. jadi begitu ya ..
    ane baru tahu nih .. hihihi
    makasih gan infonya ;)

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. PC ane kebanyakan game yang full compress tuh gan :) maklum pc ane specnya lemah. thanks nih infonya :)

    ReplyDelete
  6. hebat-hebat.. kalau launcher apa gan.. :D gamer online hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Launcher itu yah aplikasi pembukanya. Launcher launcher gem onlen gitu :d

      Delete
  7. Oh reloaded itu kaya full version yah gan ?? Ane kira itu game ada yg di ilangin dibeberapa scene taunya cuma beda size doang, oke thanks infonya gan

    ReplyDelete
  8. wih jadi tambah ngerti ane, thankyou gan

    ReplyDelete
  9. jadi ngerti ane nih tentang jenis game :D padahal dulu ane gak ngerti :v

    ReplyDelete

 
Top